Essential Oil untuk Gigitan Serangga

 

Banyak menghabiskan waktu di rumah bukan berarti bebas dari bahaya cedera ataupun gigitan serangga yang nyatanya bisa terjadi dimana saja. Apalagi bagi anak-anak yang aktif bermain kesana kemari, dua resiko tersebut sangat rentan terjadi sehingga para ibu wajib punya persediaan obat untuk pertolongan pertama ketika anggota keluarga mengalami memar ataupun bentol gatal akibat gigitan nyamuk dan semut. Tapi, jangan asal memilih minyak atau produk apapun yang diklaim mampu meringankan memar karena bisa jadi kandungan bahan lain di dalamnya dapat mengakibatkan masalah kulit kering atau sensasi panas yang mengganggu. 

Sebagai informasi, menggunakan essential oil  alami bisa menjadi alternatif yang efektif dan pastinya aman untuk meredakan nyeri, memar dan juga gigitan serangga (1,2,3). Minyak esensial ini biasanya didapatkan dari berbagai tumbuhan yang sudah terbukti secara klinis memiliki zat aktif tertentu untuk merawat kulit. Dan karena berasal dari bahan-bahan alami, tentu saja minyak esensial sangat aman digunakan setiap hari bahkan pada kulit anak yang lebih sensitif daripada orang dewasa. Nah, berikut ini adalah beberapa contoh minyak esensial yang ampuh untuk merawat memar dan gigitan serangga:

Minyak Lavender

Siapa sih, yang tidak kenal dengan bunga cantik berwarna ungu ini? Selain harum dan menawan, ternyata bunga Lavender bisa diolah menjadi minyak esensial yang wanginya dapat menghalau nyamuk dan serangga. Selain itu, di dalam minyaknya terdapat kandungan anti-inflamasi yang dapat membantu meredakan bengkak, memar serta nyeri karena gigitan serangga hingga ke level sel menurut studi tahun 2012 (1,2). Minyak Lavender juga memiliki efek menenangkan bagi kulit yang sedang meradang misalnya memar akibat jatuh atau terantuk benda tumpul. 

Minyak Chamomile

Minyak esensial kedua yang berasal dari tanaman berbunga adalah minyak Chamomile. Di dalam minyaknya terkandung zat yang disebut sebagai emollient yang berfungsi menenangkan, menyejukkan dan meredakan stress pada kulit akibat benturan, gigitan serangga atau hawa panas sehingga banyak digunakan sebagai bahan tambahan di produk kecantikan. Selain kelebihan tersebut, minyak esensial ini ternyata juga memiliki sifat anti-inflamasi yang membantu meringankan bengkak serta memar sehingga sangat cocok untuk pertolongan pertama ketika ada anggota keluarga yang habis jatuh atau juga digigit serangga (1,2).

Minyak Camphor

Minyak esensial Camphor masih merupakan keluarga kayu manis dimana merupakan rempah-rempah yang memberikan sensasi hangat pada kulit ketika diaplikasikan. Minyak ini sudah berpuluh tahun digunakan untuk mengatasi gigitan serangga dan juga memar karena mengandung agen antiinflamasi, menenangkan serta menyejukkan kulit yang teriritasi. Rasa hangat yang muncul ketika menggunakan minyak Camphor dapat membuat rasa gatal akibat gigitan serangga berkurang jadi anak-anak pasti merasa nyaman menggunakannya (1,2).

Minyak Eucalyptus

Eucalyptus banyak ditambahkan dalam produk minyak gosok dan juga minyak perawatan bayi karena memiliki efek menghangatkan serta menenangkan kulit dimana itulah yang menjadi alasan mengapa minyak esensial ini juga baik untuk menangani memar serta gigitan serangga (1,3). Aromanya yang harum dan lembut juga bisa menjadi sejenis aromaterapi yang menenangkan pikiran terutama bagi buah hati yang mungkin panik karena habis terjatuh atau digigit serangga ketika bermain.

Minyak Thyme

Thyme adalah daun yang masih berada di keluarga mint dimana sering dijadikan campuran bahan masakan karena dianggap mampu memperkaya rasanya. Menariknya, ternyata minyak esensial yang diambil dari daun Thyme ini dapat membantu meredakan nyeri dan memar pada anggota tubuh. Tidak seperti beberapa jenis minyak alami yang memberikan rasa hangat ketika diaplikasikan, minyak Thyme justru meninggalkan efek sejuk dan dingin seperti daun mint pada umumnya sehingga bisa menyejukkan kulit yang sedang teriritasi tadi. Aromanya yang menyegarkan ternyata ditakuti serangga lho, jadi menggunakan minyak Thyme juga akan menghalau serangga untuk datang mendekat dan menggigit lagi (2,3).

Berbagai jenis minyak esensial di atas berasal dari bahan-bahan alami dengan kandungan istimewa yang menjadi karakteristiknya masing-masing. Nyaman digunakan pada kulit yang digigit serangga ataupun memar, minyak tersebut bisa digunakan sendiri-sendiri atau malah dicampurkan untuk menghasilkan “ramuan” untuk meredakan iritasi pada kulit yang lebih baik efeknya. Misalnya saja dengan mencampurkan minyak Camphor, Eucalyptus, dan Thyme yang ketiganya sama-sama memiliki efek antiinflamasi yang dapat membantu meringankan nyeri dan bengkak akibat memar serta gigitan serangga, serta menenangkan kulit yang teriritasi. Ditambah dengan kombinasi rasa hangat dari Camphor plus sejuknya Thyme, kulit yang tidak nyaman karena meradang bisa menjadi lebih nyaman. 

Menariknya, sekarang Ibu tidak hanya bisa menggunakan minyak esensial tersebut dalam bentuk cair. Kini ada produk yang sudah dalam bentuk salep oles yang dijual bebas dan memiliki semua kandungan tiga minyak alami di atas  Camphor, Eucalyptus dan Thyme sehingga  lebih nyaman dan juga praktis dibawa pergi kemanapun tanpa takut tumpah ataupun bocor. Dengan begini, anak-anak dan anggota keluarga dapat dengan mudah mengatasi gatal karena gigitan nyamuk dan kapanpun memar terjadi.

CH-20211021-43

Artikel ini ditinjau oleh:
Tim Konsultan Medis Medical Advisor Bayer Consumer Health Indonesia

Referensi:
  1. Essential Oils for Bug  Bite, diakses pada 8 Juni 2021 dari https://www.healthline.com/health/essential-oil-for-bug-bites#:~:text=Lavender%20is%20a%20popular%20essential,ant%20bites%2C%20and%20bee%20stings.
  2. 7 Essential Oils for Itchy Bug Bites, diakses pada 8 Juni 2021 dari https://www.medicalnewstoday.com/articles/319775
  3. How to Get Rid of Bruises, diakses pada 8 Juni 2021 dari https://www.medicalnewstoday.com/articles/320090#essential-oils
garis lurus berwarna hijau