Bentol Merah Akibat Gigitan Nyamuk dan Serangga pada Anak

 

Reaksi tubuh anak Anda pada gigitan nyamuk dan serangga lainnya lebih besar daripada orang dewasa. Hal ini akan menurun seiring waktu.(1) Oleh karena itu, Anda wajib tahu cara menangani bentol merah pada anak akibat gigitan nyamuk atau serangga sekaligus cara melindungi si kecil dari gigitan serangga.

keluarga berkumpul di taman dan merasa aman karena sudah memiki pencegahan dari gigitan serangga yaitu salep Zambuk
Mengenal gigitan nyamuk

Gigitan nyamuk dapat menyebabkan gatal, bentol merah pada anak, dan pembengkakan. Ini terjadi karena nyamuk perempuan menggigit kulit untuk mendapatkan protein di dalam darah, yang digunakan nyamuk untuk telurnya.(2) Sambil mengisap darah, liur nyamuk juga masuk ke dalam tubuh dan menyebabkan reaksi pada sistem kekebalan tubuh. Ketika peradangan dan demam terjadi, hal ini termasuk dalam reaksi alergi yang dikenal sebagai Sindrom Skeeter, yang umum terjadi pada anak.(3)

Tanda dan gejala umum

Untuk gigitan nyamuk dan serangga lainnya, tanda dan gejala dapat berbeda-beda karena tergantung pada sensitivitas setiap anak. Beberapa anak hanya mengalami gatal, namun sejumlah anak lainnya dapat menunjukkan reaksi yang perlu perhatian lebih lanjut. Orang dewasa juga dapat menunjukkan reaksi parah terhadap gigitan serangga yang tak pernah dialami sebelumnya. Untuk anak-anak, reaksinya dapat berkembang menjadi lebih parah dalam 2-3 hari.(1)

anak menggaruk leher akibat di gigit nyamuk dan dapat diredakan rasa gatal dengan Zambuk

Gejala yang ringan meliputi bentol merah pada anak yang muncul beberapa menit setelah digigit nyamuk atau serangga. Dalam beberapa hari, bentol merah gelap yang gatal dapat timbul. Selain itu, reaksinya juga bisa berupa memar atau bercak hitam. (2)

Reaksi sedang yang dapat terjadi adalah ruam kemerahan yang lebar, gatal, dan bengkak. Bentol kecil berair juga dapat muncul. Sejumlah anak juga dapat mengalami demam. (2)

Di sisi lain, harap hubungi dokter jika muncul reaksi yang parah, seperti demam diikuti dengan sakit kepala, bengkak pada kelenjar getah bening, nyeri di bagian tubuh, dan tanda-tanda infeksi lainnya. (3)

Anak-anak memang lebih sensitif terhadap gigitan nyamuk atau serangga. Sebuah reaksi alergi yang perlu penanganan segera, yaitu anafilaksis, juga dapat terjadi pada anak. Harap bawa anak menuju ke rumah sakit jika ini terjadi. (4)

Tanda-tanda anak mengalami anafilaksis adalah(5):

  • Sesak dan sulit bernapas
  • Tenggorokan terasa sesak sehingga sulit menelan dan berbicara
  • Bengkak di lidah dan area bibir
  • Pingsan
  • Pusing
  • Batuk atau bunyi menciut ketika bernapas
  • Ruam merah dan gatal
Pengobatan dan cara menghilangkan bekas gigitan nyamuk pada anak

Reaksi tubuh yang ringan hingga sedang dapat diobati di rumah. Untuk sengatan lebah, angkat penyengat lebah dari kulit. Akan tetapi, jangan gunakan penjepit karena dapat menekan racun di dalamnya untuk keluar di dalam tubuh anak. Jika khawatir, harap segera mengunjungi dokter.

Untuk mengurangi gatal dan gejala lainnya, berikut cara yang dapat dilakukan:(1)

ikon tangan di goyangkan Zambuk
  • Hindari menggaruk area yang gatal. Menggaruk memang dapat mengurangi rasa gatal, tetapi dapat memicu infeksi.
  • Membersihkan area yang digigit dengan air bersih dan sabun. Gigitan nyamuk dan serangga lainnya meningkatkan paparan terhadap penyakit dan kemungkinan adanya kuman pada serangga. Membersihkan area yang digigit atau disengat mampu mengurangi risiko infeksi terjadi.
ikon tangan mengambil Zambuk
  • Jika gigitan terjadi pada lengan atau kaki, angkat kaki atau lengan untuk mengurangi pembengkakan. Ketika beristirahat, posisikan lebih tinggi dari area dada (jantung) untuk mengurangi aliran darah ke area yang digigit. Dengan begitu, pembengkakan akan berkurang.
ikon tangan dengan daun Zambuk
  • Kompres dengan kain dingin atau pak berisi es. Kompres dingin tersebut berguna untuk mengurangi pembengkakan jika dilakukan selama 10 menit atau lebih.
  • Oleskan obat luar untuk gatal atau minum obat-obatan antihistamin (antialergi). Mengoleskan obat luar untuk gatal atau pelembap tanpa wewangian juga dapat meredakan gatal dan rasa tidak nyaman lain yang disebabkan oleh gigitan nyamuk atau serangga lainnya. Pastikan mengikuti aturan pakai atau pakai obat oles yang diresepkan oleh dokter. Sebaiknya berkonsultasi dengan apoteker atau dokter terlebih dahulu jika memiliki pertanyaan terhadap obat yang akan digunakan.
Mencegah lebih baik dari mengobati

Untuk mengurangi kemungkinan bentol merah pada anak atau gejala gigitan serangga lainnya, ada beberapa cara yang dapat orang tua lakukan.

ibu dan anak sedang berada di luar ruangan merasa aman dari gigitan nyamuk dan serangga lainnya karena ada salep Zambuk

Di rumah, Anda dapat memasang penghalang nyamuk dan menggunakan alat pengusir nyamuk. Selalu tutup jendela dan tempat yang mungkin dilewati nyamuk sebelum menyalakan lampu rumah agar tidak kemasukan nyamuk atau serangga lainnya. (6)

Di luar rumah, pastikan tidak ada genangan air yang mampu menjadi tempat nyamuk berkembang biak. Pastikan juga anak tidak bermain di sekitar genangan air atau empang. Tak lupa untuk memastikan tempat sampah di luar rumah selalu tertutup agar tidak mengundang serangga datang. (6)

Pakai pakaian yang tepat ketika bepergian. Ketika pergi ke tempat yang memungkinkan anak terpapar gigitan nyamuk atau serangga, pastikan anak memakai pakaian yang menutupi lengan dan kakinya. Pakai juga pengusir nyamuk yang dapat disemprot ke pakaian jika diperlukan. (4)

Artikel ini ditinjau oleh:
Tim Konsultan Medis Medical Advisor Bayer Consumer Health Indonesia

Referensi

1. Insect bites and stings (2018). Diakses September 2, 2020 dari https://www.rch.org.au/kidsinfo/fact_sheets/Insect_bites_and_stings/

2. Mosquito Bite Symptoms and Treatment (2020). Diakses September 2, 2020 dari https://www.cdc.gov/mosquitoes/mosquito-bites/symptoms.html

3. Mosquito bites - Symptoms and causes (2020). Diakses September 2, 2020 dari https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/mosquito-bites/symptoms-causes/syc-20375310

4. Insect Bites and Insect Stings (2018). Diakses September 2, 2020 dari https://raisingchildren.net.au/guides/a-z-health-reference/insect-bites-stings

5. Anaphylaxis in Infants and Children (2019). Diakses September 2, 2020 dari https://www.healthychildren.org/English/health-issues/injuries-emergencies/Pages/Anaphylaxis.aspx

6. Prevent Mosquito Bites (2019). Diakses September 2, 2020 dari https://www.cdc.gov/zika/prevention/prevent-mosquito-bites.htmll

garis lurus berwarna hijau