Cara Agar Tidak Digigit Nyamuk dan 11 Penyebabnya

 

Pada dasarnya, nyamuk tidak sembarangan dalam memilih mangsa. Jika hanya Anda yang digigit nyamuk pada saat berkumpul dengan orang lain, itu berarti Anda memiliki sesuatu yang dapat menarik perhatiannya. Bahkan kadang-kadang dalam beberapa kesempatan, nyamuk hanya mengerubungi bagian rambut saja, bukan? Mungkin Anda bertanya-tanya, mengapa hal ini bisa terjadi?

Gigitan nyamuk memang bisa menimbulkan gatal dan bentol di kulit. Namun Anda tidak perlu khawatir, karena ada beberapa cara agar tidak digigit nyamuk berdasarkan faktor penyebabnya. Untuk lebih jelasnya mari kita kupas bersama alasan kenapa nyamuk lebih menyukai orang-orang tertentu, seperti:

1. Tingkat Karbon Dioksida Yang Tinggi dalam Darah

Saat bernapas, manusia akan mengeluarkan karbon dioksida. Apabila Anda memiliki tingkat metabolisme yang tinggi, maka Anda akan mengeluarkan lebih banyak karbon dioksida. Terlebih lagi saat aktivitas sedang tinggi-tingginya, seperti berolahraga, biasanya karbon dioksida yang diproduksi akan lebih banyak (1).

Uniknya, nyamuk dapat mendeteksi perubahan karbon dioksida di sekitar mereka bahkan dari jarak 5 sampai 15 meter (2). Penelitian telah menunjukkan bahwa spesies nyamuk yang berbeda dapat merespons karbon dioksida secara berbeda. Peningkatan karbon dioksida dapat memberikan sinyal kepada nyamuk bahwa ada korban potensial di dekatnya untuk dimangsa (1). Berdasarkan faktor ini, cara agar tidak digigit nyamuk adalah dengan memperhatikan di mana lingkungan Anda berada ketika sedang melakukan kegiatan fisik.

2. Bau Badan

Setiap manusia memiliki bau yang unik. Berbagai campuran senyawa keluar dari dalam tubuh melalui keringat, contohnya seperti asam laktat dan amonia. Para peneliti masih menyelidiki penyebab variasi bau badan yang membuat orang-orang tertentu lebih menarik bagi nyamuk. Tidak menutup kemungkinan hal ini juga dipengaruhi dari genetika, bakteri tertentu pada kulit, atau mungkin kombinasi dari keduanya. Bahkan ada sebuah penelitian yang diterbitkan pada tahun 2015 yang menemukan bahwa nyamuk sangat tertarik pada bau badan orang-orang kembar identik (1).

Bakteri kulit tertentu juga memiliki peran dalam bau badan (3). Sebuah studi 2011 menemukan bahwa orang dengan keragaman mikroba yang tinggi di kulit mereka kurang menarik bagi nyamuk. Para peneliti juga mengidentifikasi spesies bakteri tertentu yang ada pada orang yang sangat dan kurang menarik bagi nyamuk (1). Jadi, bila Anda sering digigit nyamuk, ada kemungkinan jenis bau badan Anda lah yang lebih disukai nyamuk.

3. Warna Pakaian

Jika warna baju favorit Anda adalah hitam, maka kemungkinan ini menjadi salah satu alasan kenapa nyamuk lebih memilih untuk menggigit Anda dibandingkan orang lain (3). Pakaian berwarna gelap dapat mempermudah mereka untuk menemukan mangsanya. Jika Anda sedang mempertimbangkan cara agar tidak digigit nyamuk, maka tidak ada salahnya untuk mengganti warna baju Anda dengan yang lain.

4. Panas Tubuh & Uap Air Tubuh

Tubuh manusia menghasilkan panas dan kadar uap air di kulit berdasarkan pada suhu yang ada di sekitarnya. Saat nyamuk mendekat, ia dapat mendeteksi panas dan uap air. Sebuah studi menunjukkan nyamuk bergerak menuju sumber panas terdekat yang berada pada suhu yang diinginkan (4).

5. Alkohol

Salah satu cara agar tidak digigit nyamuk adalah dengan menghindari konsumsi alkohol. Penelitian lainnya menunjukkan bahwa konsumsi alkohol memiliki hubungan dengan ketertarikan nyamuk. Para peneliti menemukan bahwa orang yang mengonsumsi bir lebih menarik bagi nyamuk daripada orang yang tidak. Namun, alasan kenapa nyamuk senang dengan orang yang mengkonsumsi alkohol masih belum jelas. Karena baik kandungan etanol dalam keringat maupun suhu kulit tidak menunjukkan adanya korelasi antara konsumsi alkohol (4).

6. Kehamilan

Sebuah studi telah menunjukkan bahwa nyamuk tampaknya lebih tertarik pada ibu hamil. Penyebabnya mungkin karena ibu hamil memiliki suhu tubuh yang tinggi dan mengeluarkan lebih banyak karbon dioksida. Penelitian menemukan bahwa wanita di trimester akhir kehamilan cenderung menghembuskan napas 21% lebih banyak daripada wanita yang tidak hamil. Selain itu, suhu perut wanita hamil lebih panas 0,7°C dibandingkan bagian tubuh lainnya (4).

7. Keringat

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, nyamuk adalah penggemar berat asam laktat, salah satu asam organik yang diproduksi di kulit. Orang yang memiliki kelenjar keringat berlebih juga akan mengeluarkan keringat dalam jumlah banyak. Hal ini akan mengakibatkan nyamuk lebih tertarik pada orang yang cenderung mengeluarkan lebih banyak asam laktat saat Anda berkeringat (3). Jadi, cara agar tidak digigit nyamuk bisa dimulai dengan segera membersihkan badan setelah beraktivitas.

8. Golongan darah

Ada beberapa bukti yang menunjukkan bahwa nyamuk lebih tertarik pada orang dengan golongan darah O daripada orang-orang yang bergolongan darah A atau B. Sebuah studi yang dimuat dalam Journal of Medical Entomology menemukan bahwa nyamuk memilih orang dengan golongan darah O sekitar 83% lebih banyak, dan menggigit orang-orang yang bergolongan darah A hanya sekitar 46,5% (3). Namun penelitian lebih lanjut masih dibutuhkan untuk memperkuat hasil penelitian ini.

9. Asam urat

Nyamuk juga menargetkan orang yang memproduksi asam urat tinggi. Zat ini dapat memicu indra penciuman nyamuk untuk mencari targetnya dengan mudah (5). Untuk mengantisipasi hal ini, cobalah untuk mengendalikan kadar asam urat dalam tubuh Anda.

10. Kadar Kolesterol pada kulit

Para peneliti telah menemukan bahwa beberapa orang yang memiliki konsentrasi kolesterol tinggi pada kulit mereka lebih disenangi oleh nyamuk. Kolesterol yang dimaksud dalam hal ini bukanlah jumlah kolesterol yang ada di dalam darah namun hanya kolesterol yang ada di permukaan kulit. Kadar kolesterol pada kulit ditentukan oleh metabolisme Anda sendiri, dan sebenarnya tidak ada banyak hal yang bisa Anda lakukan untuk menghindarinya (5).

11. Parfum

Salah satu cara agar tidak digigit nyamuk adalah dengan menghindari wewangian dengan aroma bunga. Tahukah Anda, kalau hanya nyamuk betina saja yang menggigit manusia? Nyamuk betina menggigit manusia agar mereka memiliki protein yang cukup untuk menghasilkan telur.

Sedangkan nyamuk jantan tidak pernah menggigit orang karena mereka membutuhkan gula untuk energi yang bisa didapatkan dari menghisap nektar bunga. Apabila nyamuk betina sedang tidak menggigit manusia, mereka juga suka pada bunga (3). Nah, karena faktor tersebut, apabila Anda menggunakan wewangian yang berbau bunga, kemungkinan besar akan menarik nyamuk betina untuk menggigit.

Jadi, bagaimana? Apakah Anda memiliki tanda-tanda tersebut? Jika iya, mungkin sudah saatnya untuk mengubah pola hidup agar nyamuk tidak tertarik untuk menggigit. Semoga info ini bermanfaat bagi Anda yang sedang mempertimbangkan cara agar tidak digigit nyamuk berdasarkan faktor-faktor penyebab di atas.

CH-20211021-44

Artikel ini ditinjau oleh:
Tim Konsultan Medis Medical Advisor Bayer Consumer Health Indonesia

Referensi:
  1. Jill Seladi-Schulman. Why Mosquitoes Bite Some People More. Healthline.com. Diakses pada 10 September 2021 dari https://www.healthline.com/health/why-do-mosquitoes-bite-some-people-more#:~:text=Mosquitoes%20are%20attracted%20to%20certain,include%20lactic%20acid%20and%20ammonia. Jessica Stoller-
  2. Conrad. Mosquitoes Use Smell to See Their Hosts. Caltech.edu. Diakses pada 10 September 2021. https://www.caltech.edu/about/news/mosquitoes-use-smell-see-their-hosts-47338
  3. Korin Miller. Here’s Why Mosquitos are Attracted to You, According to Insect Experts. Prevention.com. Diakses pada 10 September 2021. https://www.prevention.com/health/a20481496/this-is-why-mosquitoes-love-you/ Melissa Breyer. 7 Reasons Mosquitoes Bite
  4. Some People More Than Others. VeryWellHealth.com. diakses pada 10 September 2021 https://www.verywellhealth.com/reason-mosquitoes-bite-some-people-more-others-4858811
  5. Elizabeth Heubeck. Are You a Mosquito Magnet? WebMD.com. Diakses pada 10 September 2021 dari https://www.webmd.com/allergies/features/are-you-mosquito-magnet#:~:text=They've%20also%20identified%20certain,mosquitoes%2C%22%20Butler%20tells%20WebMD.
garis lurus berwarna hijau