Cara Mencegah Gigitan Nyamuk atau Serangga

 

keluarga berkumpul di taman dan merasa aman karena sudah memiki pencegahan dari gigitan serangga yaitu salep Zambuk

Digigit serangga dan nyamuk merupakan bagian dari hidup yang sulit dihindari kecuali jika Anda tinggal di dalam gelembung pelindung sepanjang hari. Mengingat nyamuk dan serangga lainnya mudah berkeliaran di tempat tinggal, area kerja, dan tempat yang suka dikunjungi, mempelajari cara agar tidak digigit nyamuk merupakan kemampuan yang patut dimiliki setiap orang.

Ketika digigit nyamuk atau serangga lainnya, sejumlah hal yang harus diingat sebagai pertolongan pertama adalah:

  • Segera pindah ke area lain untuk menghindar dari gigitan atau sengatan lanjutan
  • Jika penyengat serangga (dari lebah atau tawon) masih menempel di kulit, keluarkan dengan cara menggesekkan menggunakan objek, seperti kartu yang kaku. Hindari menggunakan penjepit karena dapat menekan kantong beracun di dalam penyengat serangga tersebut (1)
  • Bilas area yang disengat dengan air bersih dan sabun
  • Kompres area dengan kompres dingin untuk mengurangi nyeri dan pembengkakan

Reaksi ringan dari gigitan serangga atau nyamuk umumnya adalah ruam kemerahan, gatal, sensasi menyengat, atau pembengkakan. Gejala-gejala tersebut dapat hilang dalam satu atau dua hari. Akan tetapi, Anda perlu segera kunjungi dokter atau rumah sakit apabila gejala tidak kunjung reda atau mengalami reaksi alergi yang membahayakan, seperti sesak napas, pembengkakan di bibir, mata, tenggorokan, dan muntah. (2)

botol minyak eukaliptus Zambuk

Salep oles dapat menjadi salah satu cara untuk mengobati gigitan serangga, seperti nyamuk. Obat oles untuk gigitan serangga yang mengandung minyak eukaliptus dan camphor (kapur barus)(4) dapat meredakan rasa gatal yang dialami.

Baik minyak eukaliptus atau camphor memiliki karakteristik meredakan rasa sakit dan gatal akibat gigitan nyamuk. Kedua hal tersebut memang bermanfaat, namun Anda tetap wajib mengikuti aturan pakai dan cara penggunaan. Perhatikan juga batas umur minimal yang tertera di kemasan. Contohnya, salep obat gigitan serangga dapat dioleskan pada anak berusia 2 tahun ke atas.

Cara lain agar tidak digigit nyamuk

Mencegah lebih baik daripada mengobati. Berikut adalah tips mudah supaya terhindar dari gigitan serangga atau nyamuk:

Pakai pakaian yang tepat. Ketika mengunjungi tempat yang memiliki banyak serangga atau di alam bebas; pakai pakaian lengan panjang, berwarna terang, celana panjang, dan sepatu daripada sandal. (5)

Oleskan losion anti nyamuk di tubuh jika suhu udara terlalu panas untuk memakai pakaian yang menutupi kulit Anda, Oleskan losion anti nyamuk pada area yang mampu menjadi sasaran empuk gigitan serangga, seperti lengan dan kaki. (6)

ikon tangan memegang rumah Zambuk

Hindari bau yang kuat dari penggunaan sabun atau parfum. Sejumlah bau dapat menarik serangga untuk mendekat.

Perhatikan di mana Anda berada. Berhati-hati dan lakukan tindakan ekstra di tempat serangga hidup dan berkeliaran. Sejumlah lokasi meliputi genangan air, kebun bunga, atau hutan di dekat pantai tempat Anda berlibur dapat menjadi tempat "bermain" bagi serangga.

Tutupi makanan dan minuman dari serangga. Ketika pergi makan di luar rumah, harap pastikan makanan dan minuman, terutama yang manis tetap tertutup agar serangga tidak berkumpul di sekitar Anda. (7)

Cara lain agar tidak digigit nyamuk adalah membeli jaring pelindung nyamuk. Apabila serangga kerap berkeliaran di sekitar rumah, Anda dapat mempertimbangkan untuk memberi perlindungan ekstra untuk rumah. Tutupi jendela dan pintu dengan jaring tipis untuk mencegah serangga masuk ke dalam rumah. Kelambu atau tirai tipis dari kain kasa juga dapat melindungi Anda dari gigitan nyamuk yang berada di sekitar kasur.

Referensi:

1. "Stinger removal." Mediline Plus. Diakses 2 September 2020. https://medlineplus.gov/ency/imagepages/19629.htm

2. "Insect bites and stings: First aid." Mayo Clinic. Diakses 1 September 2020. https://www.mayoclinic.org/first-aid/first-aid-insect-bites/basics/art-20056593

3. Dhakad, Ashok K et al. “Biological, medicinal and toxicological significance of Eucalyptus leaf essential oil: a review.” Journal of the science of food and agriculture vol. 98,3 (2018). Diakses 2 September 2020. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/28758221/

4. Zuccarini, P. "Camphor: risks and benefits of a widely used natural product." Journal of Applied Sciences and Environmental Management vol. 13,2 (2009). Diakses 2 September 2020. http://www.bioline.org.br/pdf?ja09027

5. "Malaysia: Insect Bite Preventtion." International Association for Medical Assistance to Travelers. Diakses 2 September 2020. https://www.iamat.org/country/malaysia/insect-bite-prevention

6. ""DEET." United States Environmental Protection Agency. Diakses 2 September 2020. https://www.epa.gov/insect-repellents/deet

7. "Prevention: Insect bites and stings." National Health Service UK. Diakses 1 September 2020. https://www.nhs.uk/conditions/insect-bites-and-stings/prevention/

garis lurus berwarna hijau